..:: Welcome...Huanying Guanglin...Hwangyong-hamnida... Assalamualaikum...Selamat Datang di Web Pertama Q, Silakan Jelajahi Web Ini dan Jangan Lupa Untuk Membaca Bismillah::..

Komputer, Matikan atau Hidupkan?

Jangan mematikan komputer hanya dalam keadaan stand-by atau siaga.

Energi yang dipakai oleh satu komputer memeng kecil, tetapi jika satu daerah dengan ribuan komputer dalam posisi yang sama? Banyak juga lho energi yang terpakai.


Ternyata, tidak selamanya menyiagakan (stand-by) televisi atau komputer dapat menghemat pemakaian listrik. Di sisi yang lain, menyalakan dan mematikan sejumlah peranti elektronik bisa jadi pemborosan energi. Tapi, membiarkan peranti tetap menyala juga bisa merusak lingkungan. Gimana nih???

Pada posisi stand-by, sebuah peranti elektronik akan menggunakan energi kecil yang dapat dibangkitkan sewaktu-waktu melalui remote. Dalam keadaan siaga, energi yang tersimpan adalah antara 10-15 watt, bahkan lebih. Memang ini tidak besar. Bayangkan saja kalau kita membiarkan selusin peranti dalam posisi siaga. Ini hampir sama dengan menyalakan 60 bola lampu. Besar bukan??


Dampak Pada Lingkungan

Dari sisi lingkungan, peranti dalam keadaan stand-by ternyata menghasilkan gas CO2 yang memncar dan berpartisipasi dalam pemanasan global. Energy Saving Trust, lembaga yang memantau penggunaan energi di Inggris, sempat mengumpulkan data angka CO2 yang diproduksi oleh sejumlah perangkat.

Perangkat stereo yang dibiarkan stand-by seharian selama setahun dapat menghasilkan 1,6 juta ton CO2. peranti pemutar DVD dan CSV dapat memancarkan 1,06 juta ton CO2. Sementara pesawat pesawat televise menghasilkan 480.000 ton CO2. Wuih..!!

Lalu apa yang harus kita lakukan dengan semua peranti elktronik tersebut? Komputer Pribadi alias Personal Computer (PC) dapat didayagunakan agar lebih ramah lingkungan. Selama ini, pengguna PC merasa sayang kalau harus mematikan total perantinya, sebab beranggapan akan memakainya lagi sewaktu-waktu. Jalan keluarnya adalah, rencanakan dengan baik untuk apa kita menyalakan PC. Kalau memang PC tidak akan dipakai dala tempo lebih dari tiga jam, sebaiknya kita matikan secara fisik.

Menghidupkan komputer kembali memang membutuhkan energi sangat besar. Namun membiarkannya dalam posisi siaga terlalu lama juga tidak baik. Sejumlah PC kini dilengkapi dengan Safe Mode, di mana pengguna dapat mengaktikannya untuk menghemat energi ketika tidak sedang digunakan. Kapasitas Safe Mode ini bervarisi, antara 5-60 watt. Seandainya ada satu juta pengguna PC yang menghemat suplai energi, itu berarti hampir sama dengan menghemat 250 juta liter bensin dalam sehari. Jumlah yang begitu fantastis tentunya.oleh karena itu anjuran untuk menghindari sikap boros yang dianjurkan oleh syariat Islam pun berlaku pada pemakaian komputer. Pakai saja sesuai kebutuhan. Jangan berlebihan..!!!


0 komentar:

Kata Bijak Hari Ini...

"Akal itu tak lebih daripada alat untuk mencari kebenaran"

..:: Sebelum Meninggalkan Web Ini Diharapkan Untuk Mengucapkan Salam ::..

Rhois Tekkom IPB 44 Add to Technorati Favorites